http://looklet.com/user/563785 http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1295750082javascript:void(0)

Senin, 02 Agustus 2010

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI…






Teknologi informasi dan komunikasi dapat diartikan sebagai hasil kreasi dan inovasi manusia yang dapat mempermudah proses kehidupannya. Contoh dari teknologi ialah sepeda motor. Dengan sepeda motor, kamu tidak harus bercapek-capek berpindah tempat. Selain itu dengan bersepeda motor-pun perpindahan tempat dapat  lebih cepat dilakukan. Dengan itu, teknologi dapat mempermudah kehidupan manusia.

Selain itu, teknologi dapat diartikan sebagai hasil pengolahan data yang dapat memberikan manfaat kepada manusia. Data dan informasi merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Data dapat diartikan sebagai kumpulan fakta mentah yang ada dalam kehidupan.

Dan yang terakhir, komunikasi merupakan cara atau sarana untuk berhubungan atau bertukar informasi dengan orang lain. Contoh : kamu berkomunikasi dengan teman dunia mayamu melalui kata-kata.

Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua bagian, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi secara ringkas berarti teknologi yang memungkinkan untuk menghadirkan, memanipulasi, dan mengelola informasi. Sedangkan teknologi komunikasi secara ringkas dapat diartikan sebagai teknologi yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan sesamanya.

Beberapa contoh peralatan teknologi informasi dan komunikasi :

1)     Televisi
     
  
Televisi adalah penangkap siaran bergambar. Televisi merupakan sebuah alat komunikasi searah yang dapat menampilkan gambar dan suara secara bersama.

2)     Radio.
     
      Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk pengiriman data dalam bentuk suara dengan cara memodulasi gelombang suara dalam radiasi gelombang elektromagnetik.

3)     Telepon.
       

Telepon merupakan sebuah alat yang digunakan berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan telepon, kita bisa bercakap dengan lawan bicara yang jaraknya hingga ribuan kilometer.

4)     Handphone.
      

Handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional namun dapat di bawa kemana-mana (portable, mobil) dan tak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

5)     Koran (Surat Kabar).
     
Koran atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya di cetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.





KOMPUTER.



Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Pada mulanya, pengolahan informasi dengan komputer ini hamper selalu berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara definisi, komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi di bawah kontrol program yang tersimpan dalam memori. Sifat-sifat computer adalah sebagai berikut :

  1. merupakan alat elektronik.
  2. Dapat menerima input data.
  3. Dapat mengolah data.
  4. Dapat memberikan atau menghasilkan informasi.
  5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
  6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.
  7. Bekerja secara otomatis sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam program.

Komputer memiliki tiga komponen. Ketiga komponen yang terdiri dari pengguna (user/brainware), perangkat keras komputer (hardware), dan program atau perangkat lunak (software) merupakan satu sistem yang tidak dapat dipisahkan agar kecanggihan komputer dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ketiga komponen tersebut akan melakukan proses memasukan data, memproses data, sehingga menghasilkan output yang berupa produk informasi. Berikut komponen-komponen komputer :

1)     Hardware (perangkat keras)

      Hardware merupakan perangkat keras yang terdapat pada sistem computer. Hardware terdiri dari beberapa bagian, seperti alat input, alat proses, dan alat output.

a.      Alat input    : berguna untuk memasukkan data dan                      memberikan perintah kepada komputer, misalnya berupa keyboard, mouse, scanner, dan lain lain.

b.       Alat proses : berguna untuk mengolah data dan menerjemahkan perintah yang di berikan operator, terdiri dari CPU (Central Processing Unit) dan media penyimpanan.

c.       Alat output    :   berguna untuk menampilkan data, informasi, dan proses-proses yang dilakukan computer, misalnya berupa monitor dan printer.

2)     Software (perangkat lunak)
Software merupakan suatuprogram yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang di tulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh hardware komputer. Software dibedakan menjadi dua macam, yaitu sistem operasi dan aplikasi.

a.      Software sistem operasi (operating system). Software ini antara lain digunakan untuk interpreter (menterjemahkan perintah software aplikasi sehingga dimengerti oleh hardware), melakukan konfigurasi peralatan-peralatan pendukung komputer (sering disebut peripheral), dan untuk mengelola data (data dalam computer disimpan dalam bentuk file).
b.      Software aplikasi digunakan untuk mengolah data dalam bentuk digital.


3)     Brainware
Brainware adalah pengguna komputer. Berdasarkan kemampuan dan kewenangan dalam pengelolaan system komputer, brainware dibedakan menjadi user/operator dan administrator. User/operator adalah orang yang mampu mengoprasikan komputer, sedangkan administrator adalah orang yang mengatur/merancang sistem kerja, urutan kerja, pengelolaan data sampai dengan output. 





Selain itu kita juga harus mengetahui apa saja yang ada di dalam CPU. Berikut beberapa alat yang berada di dalam CPU :

1. Main Board, alat ini berfungsi untuk menampung dan mengelola alat alat yang   terhubung dalam rangkaian alat proses seperti prosesor, memory (ram), harddrive, dll. Merk dari Main Board / Mother Board ini sangat banyak, antara lain intel, asus, gigabyte, pcchip, nexx, hp, dan lain lain.
2. Prosesor, alat ini merupakan inti dari alat proses itu sendiri, yang alat yang digunakan untuk memproses data dari alat input, mengolah data, mengkodekan data, dan lain lain. Semakin tinggi tingkatan/kekuatan prosesor, maka komputer akan berjalan semakin cepat juga, karena dengan tingginya kemampuan prosesor, kecepatan dalam mengolah data juga bertambah cepat. Ada 2 perusahaan populer yang memproduksi prosesor antara lain intel dan amd.
3. RAM (Random Access Memory), alat ini digunakan untuk membantu prosesor dalam melakukan pekerjaan pengolahan data, selain itu, RAM juga bisa digunakan sebagai alat penyimpanan data yang bersifat sementara (tidak permanen).
4. Hard Disk Drive, alat ini digunakan untuk menyimpan data secara permanen, tidak terlalu berpengaruh besaran kapasitas yang digunakan, tergantung kebutuhan saja.
5. VGA ( Virtual Graphic Adapter ), yaitu alat yang digunakan untuk melakukan konversi data, agar dapat dilihat pada layar monitor. Semakin tinggi kemampuan VGA, maka gambar yang dihasilkan akan semakin bagus. Merk – merk vga yang banyak beredar antara lain NVIDIA dan ATI.
6. Power Supply, alat ini digunakan untuk memberikan dan mengatur arus listrik yang akan digunakan pada rangkaian alat – alat proses.
7. Sound Card, alat ini digunakan untuk mengonversi data suara.
8. Selain alat – alat diatas, di dalam alat proses juga terdapat alat alat IO (Input/Output) seperti COM1, USB, dll.


       

2 komentar:

  1. your crore is 80...
    its exelent
    hahaha so bahasa inggris nih gw...

    BalasHapus
  2. gw sebagai the next lady gaga mengatakan : thnks bro... wakakakak


    hahahahahaha ngaco bet lu ah b.inggrisnya....

    eh blog lu keren jg tapi kok backgroundnya kagak ada tigernya ???

    BalasHapus